Sabtu, 19 Januari 2013

Barcelona Ditahan Imbang Oleh Real Sciedad

Bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-56, Barcelona harus menelan kekalahan pertama musim ini oleh Real Sociedad dalam lanjutan Liga BBVA di  Estadio Municipal de Anoeta, Sabtu atau Minggu (20/1/2013) dini hari WIB. Sempat unggul dua gol lebih dulu, tim tamu berhasil melakukan comeback pada injury time untuk memenangkan pertandingan 3-2.

Meski begitu, Barcelona masih berada di puncak klasemen sementara Liga BBVA dengan poin 55, unggul 11 angka dari Atletico Madrid di peringkat kedua. Sedangkan, Sociedad masih berada di posisi sembilan dengan poin 29.

Tampil dengan kekuatan penuh, tak butuh waktu lama bagi Barcelona untuk mencetak gol. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Messi sudah membuat pendukung tim tamu bersorak setelah mampu menaklukkan kiper Sociedad, Claudio Bravo, dengan tendangan akurat ke pojok kanan gawang.

Gol cepat tersebut menambah semangat juang Barcelona. Tim tuan rumah pun terlihat lebih banyak mengandalkan serangan balik karena harus berkonsentrasi di lini belakang yang mendapatkan gempuran dari barisan tengah Barcelona.

Pada menit ke-14, Pedro mendapatkan kesempatan emas untuk menambah keunggulan Barcelona. Sayang, meski sudah mendapatkan ruang tembak cukup, bola tendangan kaki kanannya masih membentur mistar kiri gawang Sociedad.

Pedro kembali memperoleh peluang pada menit ke-25. Kali ini ia tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan Daniel Alves, Pedro melepaskan tembakan akurat ke arah gawang yang tak mampu ditahan kiper Claudio Bravo.

Meski terus ditekan, Sociedad berhasil mencuri gol empat menit sebelum turun minum melalui Casto. Ia berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 dengan tendangan akurat dari sisi kiri lapangan ke pojok kiri gawang kiper Valdes.

Selepas turun minum, Barcelona harus bermain dengan 10 orang setelah Gerrard Pique mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Carlos Vela pada menit ke-56. Pelatih Tito Vilanova pun langsung memasukkan Javier Mascherano untuk menambal lubang di lini belakang skuadnya.

Tapi, pergantian pemain itu membawa petaka karena tim tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Mascherano pada menit ke-63. Bermaksud memblok tendangan Castro, bola justru masuk ke gawang sendiri meski sempat dicoba dihalau oleh Valdes.

Meski kalah jumlah pemain, Barcelona masih bisa menguasai jalannya pertandingan. Namun, sejumlah upaya yang dilakukan Iniesta, Messi, dan Pedro belum membuahkan hasil karena barisan pertahanan Sociedad tampil cukup rapat.

Pada menit ke 90+1,  pemain pengganti Imanol Agirretxe membuyarkan harapan tim tamu untuk mencuri poin dalam laga ini, setelah ia berhasil membalikkan keadaan. Menerima umpan silang Carlos Martinez Diez, Agirretxe berhasil menaklukkan Valdes sekaligus menutup laga dengan skor 3-2 untuk Sociedad.

Susunan Pemain:
Sociedad:
1-Claudio Bravo, 2-Carlos Martinez, 3-Mikel Gonzalez, 6-Inigo Martinez, 24-Alberto de la Bella, 5-Markel Bergara Larranaga, 7-Antoine Griezmann, 8-Illarramendi, 18-Gonzalo Castro (21-Diego Ifran 74), 10-Xabi Prieto (14-Ruben Pardo 79), 11-Carlos Vela (9-Imanol Agirretxe 84)

Barcelona: 1-Victor Valdes, 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 18-Jordi Alba, 4-Cesc Fábregas (14-Javier Mascherano 59), 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta, 10-Lionel Messi, 17-Pedro (21-Adriano 89).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar