Kamis, 10 Januari 2013

Bubur Kedelai menyehatkan

Bubur Kedelai menyehatkan . Tahok merupakan jenis makanan tradisional yang berasal dari negeri China, dibawa dan diwarisi secara turun-temurun oleh keturunan etnis Tionghoa yang tinggal di daerah Pasar Gede, Solo. Nama tahok pun juga diambil dari bahasa Tionghoa, tao dan hoa yang berarti kacang (kedelai) dan lumat, sama saja artinya dengan kacang kedelai yang dilumatkan.
Konon, di kawasan Pasar Gede ini terdapat sekitar 18 orang penjual tahok. Salah satunya adalah Pak Citro. Ia merupakan pendatang dari Jogja yang memulai usahanya menjual tahok di Solo sejak tahun 1958 (54 tahun yang lalu). Pak Citro mewarisi usaha menjual tahok dari pedagang keturunan Tionghoa yang dahulu merupakan tempat di mana ia bekerja. Dan kini Pak Citro hanyalah 1 dari 4 orang penjual tahok yang masih bertahan melestarikan makanan tradisional ini.
Tahok lengkap dengan kuahnya.
Bubur kedelai menyehatkan ini .Sekilas melihat makanan tahok ini bentuknya serupa dengan bubur ataupun puding. Bahan dasar pembuatan tahok sama dengan bahan pembuatan tahu, yaitu kedelai yang digiling. Bedanya hanya pada proses akhirnya saja, tahok membutuhkan penyaringan berulang-ulang untuk menghasilkan warna yang benar-benar putih bersih. Tahok yang sudah jadi rasanya gurih seperti susu kedelai, tapi bentuknya kental mirip seperti puding dan bubur. Untuk menyajikan semangkuk tahok, dilengkapi kuah dengan kandungan gula merah, jahe, daun pandan, serta sereh yang bisa mengangatkan badan dan menyegarkan. Tahok juga dikenal sebagai makanan tradisional yang menyehatkan dan juga mengobati penyakit, seperti kolesterol tinggi, mengobati obesitas, dan juga obat awet muda (kata orang jaman dulu)


Sumber :  http://www.hellosolo.com/tahok-bubur-kedelai/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar