Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengecilkan Tubuh

Menurunkan berat badan merupakan impian tiap orang yang memiliki berat badan yang berlebih. Berbagai cara ditempuh untuk menurunkan berat badan mereka, mulai dari cara tradisional sampai dengan cara modern.

Berat badan yang berlebih tentu akan mengganggu penampilan kita, utamanya bagi kaum perempuan. Tubuh yang ideal adalah dambaan setiap kaum perempuan. Kaum laki-laki pun tidak mau ketinggalam untuk memiliki tubuh yang ideal.

Sebelum kita membahas cara jitu dan efektig menurunkan berat badan ada baiknya, jika kita terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor berat badan sesorang naik. Berikut ini faktor-faktor berat badan naik :

1. Perubahan hormon pada saat menstruasi (perempuan)
Perubahan hormon terjadi apabila wanita sedang dalam masa menstruasi. Hormon esterogen akan semakin meningkat, hormon tersebut juga dapat memicu nafasu makan berlebih sehingga wanita yang sedang dalam masa menstruasi hampir seluruh bagian tubuh akan mengalami pembengkakan dan kenaikan berat badan.

2. Perubahan rasa mood ( perasaan) 
Ada beberapa wanita bila sedang mengalami rasa stress akan suatu masalah atau merasa jenuh, kerap kali meluapkan dengan makan tanpa terkendali. Hal tersebut juga dapat menjadi salah satu pemicu kenaikan berat badan.

3. Wanita yang sedang hamil atau menyusui (perempuan)
Sebagian besar wanita di dunia yang sedang mengandung dan atau sedang menyusui akan mengalami perubahan pada selera makan, mungkin ketika sebelum hamil dan atau menyusui nafsu makan terkendali. Hal tersebut disebabkan karena perubahan hormon esterogen dan progesteron. Tentunya wanita sedang mengandung pastinya mengalami perubahan nafsu makan karena ada janin pada kandungan. Seorang wanita atau seorang ibu akan berbagi sari makanan pada buah hati karena bayi hanya menyerap sari makanan pada plasenta dan air susu. Pada ibu hamil kenaikan berat badan normalnya mencapai 15-20 kg.

4. Faktor Genetika ( keturunan )
Faktor gen atau keturunan memang menjadi salah satu alasan mengapa memiliki tubuh gemuk ( obesitas ) tak hanya kegemukan yang disebabkan karena faktor gen namun bila dalam satu keluarga memiliki riwayat penyakit yang cukup berbahaya mungkin saja salah satu dari anak mereka memilikinya.

Apabila anda memiliki metabolisme tubuh terjaga dengan baik dan metabolisme tubuh tinggi, serta pembakaran makanan nya pun baik, berapapun jumlah makanan yang anda makan setiap harinya tidak akan membuat tubuh anda gemuk dan mengalami kelebihan berat badan. Namun dibandingkan dengan seseorang yang memiliki metabolisme tubuh yang rendah, makan sedikit saja mudah gemuk dan berat badan meningkat.

Dari keempat faktor di atas dua diantaranya faktor kenaikan berat badan khusus untuk perempuan. Memang kedua faktor ini sangat sulit untuk dihindari, mengingat pada saat hamil perempuan memang harus menkomsumsi banyak makanan bergizi untuk kesehatan janin mereka dan setelah melahirkan harus menyusui buah hati mereka. Tapi bagi kaum perempuan tidak perlu berkecil hati karena masih ada jalan untuk bisa menurunkan berat bada yang berlebih.

Perempuam sebaiknya melakukan tips jitu dan efektif menurunkan berat badan yang nantinya akan dipaparkan setelah proses kelahiran dan menyusui demi mengoptimalkan perkembangan bayi.


Cara Jitu dan Efektif Menurunkan Berat Badan :
  1. Tidak perlu untuk selalu menghindar dalam mengkonsumsi golongan jenis makanan tertentu, namun tetap selalu menjaga keseimbangan asupan nutrisi kedalam tubuh. Sebab untuk dapat menjaga supaya tubuh tetap sehat setiap saat, tubuh juga membutuhkan air, berbagai jenis vitamin, karbohidrat, asupan lemak, mineral serta serat yang dapat didapatkan dengan selalu mengkonsumsi semua jenis sayuran dan buah-buahan segar.
  2. Selalu memperhatikan apa kebutuhan protein untuk tubuh. Tubuh manusia setiap hari selalu memerlukan 30 kg protein yang dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsi berbagai jenis daging, susu serta sumber-sumber protein makanan dari jenis polong-polongan, padi-padian serta protein dari kacang-kacangan.
  3. Jangan selalu menghindari mengkonsumsi semua jenis lemak, sebab bagaimanapun juga tubuh kita selalu membutuhkan asupan lemak sebanyak -+ 50 gram lemak/hari. Namun makanan yang mengandung lemak pilihan yang dapat diperoleh dari golongan gandum, kacangan serta minyak zaitun dan jenis-jenis makanan yang mempunyai kandungan lemak tak jenuh.
  4. Usahakan untuk makan hanya jika sedang lapar saja dan hindari perlakuan makan hingga terlalu kenyang serta usahakan selalu mengganti cemilan yang terlalu banyak mengandung lemak dan glukosa dengan mengkonsumsi buah-buahan segar.
  5. Selalu perbanyak mengkonsumsi air putih, pastikan sedikitnya menghabiskan 8 gelas setiap harinya.
  6. Lakukan terapi detoxifikasi secara berkala setiap waktu.
  7. Selalu menambahkan berbagai jenis makanan bernutrisi yang mengandung herbal untuk selalu menjaga vitalitas serta daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.
  8. Dan yang terkahir membudayakan gaya hidup hidup sehat setiap hari, baik dari menjada kebersihan makanan dan kebersihan lingkungan sekitar kita.
Setelah melakukan kedelapan langkah-langkah yang ada di atas akan tetapi hasil yang ddiperoleh tidak sesuai dengan harapan, kemungkinan kita memiliki masalah pada point keempat faktor berat badan naik yaitu faktor genetik. Faktor genetik memiliki proporsi yang sangat besat terhadap berat badan kita, jadi sangat sulit bagi orang yang memiliki genetik berat badan yang berlebih untuk menurunkan berat badan mereka. Perlu perlakuan khusu untuk bisa menurunkan berat badan mereka, dan disarankan untuk konsultasi secara khusus pada dokter ahli untuk menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar