Kamis, 10 Januari 2013

Pencegah Penyakit Osteoporosis

Pencegah Penyakit Osteoporosis. Osteoporosis merupakan penyakit menipisnya jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang dalam tubuh manusia. Osteoporosis sebagian besar diderita oleh kaum wanita. Bahkan negara makmur seperti Amerika pun memiliki presentase penderita osteoporosis tertinggi. Sekitar 10 juta wanita amerika saat ini menderita osteoporosis dan 34 juta wanita lainnya berisiko terkena osteoporosis.

Penyebab utama osteoporosis adalah penurunan estrogen pada wanita pada saat menopause dan penurunan testosteron pada pria. Hal ini menyebabkan tubuh gagal membentuk tulang baru ketika tulang tua telah dihancurkan oleh tubuh.
Tubuh sangat membutuhkan mineral kalsium dan fosfat untuk membentuk tulang normal. Ketika usia masih muda, tubuh menggunakan mineral tersebut untuk memproduksi mineral tulang. Produksi tulang ini akan terganggu jika tubuh tidak mendapatkan kalsium yang cukup atau tubuh tidak dapat menyerap kalsium. Namun ketika usia semakin tua, kalsium dan fosfat akan diserap kembali ke dalam tubuh dari dalam tulang, sehingga menyebabkan jaringan tulang menjadi lemah. Hal tersebut dapat mengakibatkan tulang rapuh, bahkan tanpa cedera pun patah tulang bisa saja terjadi.

Dengan tingginya tingkat penderita osteoporosis saat ini, tentunya langkah pencegahan osteoporosis sejak dini sangat diperlukan. Untungnya penelitian terbaru oleh Dr. Daemon Jones telah menemukan cara efektif mencegah osteoporosis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, angkat beban dan latihan resistensi dapat meningkatkan kekuatan tulang dan membangun massa otot. Selain itu asupan kalsium harian juga dapat mencegah osteoporosis. Yaitu sekitar 1.200 mg kalsium dan vitamin D sekitar 1.000 IU. Mineral lain yang tidak kalah penting, antara lain boron, tembaga, fluor, fosfor, besi, mangan, magnesium, kalium, vitamin C, vitamin K, dan seng

Tidak perlu bingung mencari asupan nutrisi tersebut, karena hampir semuanya sudah terkandung dalam makanan minuman sehari-hari dan tidak memerlukan suplemen tambahan. Diantaranya yaitu susu, sayuran hijau, ikan dan produk yang diperkaya dengan kalsium.


Sumber : artikelkesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar